Social Icons

Jumat, 04 September 2015

Alat pencernaan Manusia

Saat akan makan, pertama-tama yang kamulakukan melihat makananmu. Setelah itu, kamu akanmencium aromanya kemudian mencicipinya. Setelahmakanan berada di mulut, kamu akan mengunyahmakanan tersebut. Pada akhirnya kamu menelanmakananmu itu. Itulah awal perjalanan makanan menujusistem pencernaan. Bagaimana perjalanan makanan didalam sistem pencernaanmu? Apa saja makanan yangkamu perlukan agar tubuhmu sehat dan kuat?

Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diolah melalui proses pencernaan.Proses pencernaan adalah proses penghancuran makanan menjadi zat-zat makananyang dapat diserap tubuh. Alat yang berfungsi untuk menghancurkan makanan ini disebut
alat pencernaan. Selain alat-alat pencernaan, dalam tubuh kita juga terdapat kelenjarpencernaan. Misalnya, hati dan kelenjar pankreas. Kelenjar pencernaan membantualat-alat pencernaan dalam mencerna makanan.

Alat Pencernaan pada Manusia
Alat-alat pencernaan manusia terdiri atas mulut,kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Seluruh saluran pen-cernaan dari mulut sampaianus panjangnya antara 8,5sampai 10 meter. Berarti, 5–6kali tinggi badan kita. Saluranpencernaan menjadi ringkaskarena melingkar-lingkardalam rongga perut kita.Proses pencernaan makanandari awal hingga akhir secarakeseluruhan berlangsungantara 18 sampai 24 jam.


Mulut
Makanan masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Di dalam rongga mulut terdapatgigi, lidah, dan air ludah (air liur). Ketiga komponen itu berperan untuk mencernamakanan di dalam mulut. Gigi dan lidah mencerna makanan secara mekanis. Air ludahmencerna makanan secara kimiawi. Pencernaan secara mekanis merupakanpencernaan makanan dengan cara dikunyah oleh gigi dan dibantu lidah. Sementaraitu, pencernaan kimiawi merupakan pencernaan makanan yang dilakukan oleh enzim.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjf8YBe2oMEPrlqNJSELT2OKxZkOIJ2DMobWBhge4RPEsR2SvmHTt5h_uKp98tJC7icUHnwi7AGy2SOStvUYc73JhJQKZeLGqHBlR6zEaqHvDiVvLiZ8MD4ZGEeJXLHapoAf8bdcoFK7WA/s400/Gambar-6.7-Susunan-gigi-pada-orang-dewasa.jpg
a.Gigi
Gigi berfungsi menghancurkan makanan yang masuk dalam rongga mulut.Berdasarkan bentuk dan fungsinya, gigi dibedakan menjadi tiga. Ketiga gigi tersebutyaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Gigi seri untuk memotong makanan,gigi taring untuk mengoyak makanan, dan gigi geraham untuk mengunyah makan-an. Gigi geraham dibedakan menjadi geraham depan dan geraham belakang.Gigi tertanam pada rahang dan diperkuat oleh gusi. Bagian-bagian gigi yaitumahkota gigi, tulang gigi, dan rongga gigi. Mahkota gigi tampak putih, halus, danlicin karena dilapisi email. Tulang gigi terletak di bawah lapisan email. Tulang gigimeliputi leher gigi dan akar gigi.
http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/SMP/Biologi/Sistem%20Pencernaan%20pada%20Manusia/PRODUK/images/hal03.jpg
b.Lidah
Lidah mempunyai beberapa fungsi sepertiberikut.1)Mengatur letak makanan saat dikunyah.2)Membantu menelan makanan.3)Mengecap rasa makanan.Lidah peka terhadap panas, dingin, danadanya tekanan. Lidah dapat mengecapmakanan karena pada permukaannya terdapatbintil-bintil lidah. Pada bintil-bintil lidah terdapatsaraf pengecap. Setiap permukaan lidahmempunyai kepekaan rasa yang berbeda.

c. Air Liur
Saat makanan dikunyah dalam mulut, makanan dibasahi oleh air liur. Makananmenjadi licin dan mudah ditelan. Selain itu, air liur mengandung enzim ptialin, atau amilase. Enzim ini berfungsi untuk mencerna zat tepung (amilum) secara kimiawimenjadi zat gula. Itulah sebabnya, saat mengunyah nasi dalam waktu lama kita akanmerasakan manis. Pencernaan seperti ini merupakan contoh
pencernaan kimiawi

Kerongkongan
Kerongkongan merupakan penghubung antara rongga mulut dan lambung.Kerongkongan berupa saluran yang panjangnya kira-kira 20 cm. Kerongkongan terdiriatas otot yang lentur. Makanan yang berada di dalam kerongkongan akan didorongoleh dinding kerongkongan menuju lambung. Gerakan seperti ini disebut gerak peristaltik. Gerak peristaltik dilakukan oleh otot dinding kerongkongan.

Lambung
Lambung adalah alat pencernaan berotot yang berbentuk seperti kantong. Bagiandalam dinding lambung berlipat-lipat. Bagian ini berguna untuk mengaduk makananyang berasal dari kerongkongan. Dinding lambung juga menghasilkan asam klorida.Asam klorida atau asam lambung berguna untuk membunuh kuman-kuman yang masukbersama makanan.Selain itu, di dalam lambung terdapat enzim pepsin dan renin. Enzim renin berfungsimengendapkan protein susu menjadi kasein. Enzim pepsin berguna untuk mengubahprotein menjadi asam amino. Di dalam lambung ini terjadi pencernaan secara mekanikdan kimiawi.

Usus Halus
Setelah dicerna di lambung, makanan masuk ke usushalus. Usus halus ini sebenarnya sangat panjang, tetapimelipat-lipat di perut kita. Usus halus terdiri atas tigabagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan ususpenyerap.Di dalam usus dua belas jari, makanan dicerna secarakimiawi. Pencernaan itu dilakukan oleh getah empedu dangetah pankreas. Getah empedu dihasilkan oleh hati. Getahempedu berfungsi untuk mencerna lemak. Beberapaenzim yang dihasilkan getah pankreas sebagai berikut.
a. Enzim amilase, berfungsi mengubah zat tepungmenjadi gula.
b. Enzim tripsin, berfungsi mengubah protein menjadiasam amino.
c. Enzim lipase, berfungsi mengubah lemak menjadiasam lemak

Setelah melewati usus dua belas jari, makanan sampai di usus kosong. Selanjutnya,makanan akan diurai proteinnya oleh enzim erepsin. Sementara itu, karbohidrat yangterkandung dalam makanan tersebut akan diurai oleh enzim maltase, sukrose, dan laktose. Setelah hancur dan lumat, makanan menuju usus penyerap.Bagian dalam dinding usus penyerap berupa jonjot-jonjot. Di dalam jonjot-jonjot ituterdapat ujung pembuluh darah. Melalui pembuluh darah inilah terjadi penyerapan sari-sari makanan. Sari-sari makanan masuk dalam aliran darah dan diedarkan ke seluruhtubuh.
http://obatliverherbal.com/wp-content/uploads/2015/05/obat-herbal-luka-usus.jpg
Usus Besar
Usus besar merupakan kelanjutan dari usus halus. Usus besar terdiri atas ususbesar naik, usus besar melintang, dan usus besar turun. Di dalam usus besar terjadipenyerapan air dan garam-garam mineral. Selanjutnya, sisa makanan dibusukkan olehbakteri pembusuk di dalam usus besar. Hasil pembusukan berupa bahan padat, cair,dan gas.

Anus
Bagian akhir dari saluran pencernaan berupa lubang keluar yang disebut anus.Sisa pencernaan dari usus besar dikeluarkan melalui anus. Bahan padat hasilpembusukan dikeluarkan sebagai tinja dan gas. Gas dikeluarkan berupa kentut. Sisapencernaan yang berupa cairan disalurkan dan disaring dalam ginjal. Cairan yang tidakberguna dikeluarkan melalui lubang kemih berupa air seni.

IPA Minggu ke 3, Agustus 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates