Social Icons

Jumat, 20 November 2020

The Bible Summary - Rangkuman Pendidikan Agama Kristen Kelas 6 Semester 1

Ibadah:

Menomorsatukan Allah dalam hidup berlaku untuk semua orang percaya. Sebagai anak Kristen, kita seharusnya memberi teladan kepada semua orang. Ibadah pada zaman Perjanjian Lama berbeda dengan yang kita lakukan di zaman moderen namun mempunyai makna yang sama, yaitu ketaatan. Dalam setiap mendengarkan khotbah, pembacaan Alkitab, doa, memuji Tuhan dengan nyanyian, kita dapat mendengar suara Allah. Ibadah menjadi salah satu anugerah Allah kepada manusia.

Rasul Paulus mengingatkan bahwa pemerintah adalah wakil Allah. Jika kita bertindak baik, ini menunjukkan bahwa kita taat kepada pemerintah dan kepada Allah.  Menurut Yeremia 7:23-24, mendengar suara Allah, mengikuti seluruh jalan yang diperintahkan, memberi perhatian kepada Allah dan tidak mengikuti rancangan manusia. Semuanya ini adalah langkah-langkah agar kita taat kepada Allah.

Ibadah dalam PL berarti melayani Allah, dalam PB ibadah adalah sikap hidup manusia yang menyebah Allah. Sebagai anak-anak Kristen, kita dapat melayani Allah dengan tubuh, talenta dan apapun yang kita miliki. Dalam PB, ibadah memiliki arti bahwa kita sebagai makhluk ciptaan Allah harus menghargai dan menghormati Allah sebagai Pemilik kuasa penciptaan. Dengan beribadah, kita menyadari dan mengakui bahwa Allah dekat dengan kita.

Manusia membutuhkan ibadah karena dapat membuat manusia tetap bersekutu dan meningkatkan moralitas dan spiritualitas. Ibadah yang sejati adalah mempersembahkan seluruh hidupnya. Umat Israel beribadah di pimpin oleh seorang imam. Dalam Ibadah terjadi persekutuan manusia dengan Tuhan. Contoh sikap yang termasuk dalam ibadah adalah jujur dan rajin. Doa merupakan bagian dari ibadah, doa artinya berbicara dengan Tuhan.

Yosua 24 : 14, "Oleh sebab itu, takutlah akan TUHAN dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan setia. Jauhkanlah allah yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir, dan beribadahlah kepada TUHAN."


Komunikasi dengan Tuhan:

Komunikasi dengan Tuhan berarti setiap tingkah laku kita yang menggunakan suara dan gerakan tubuh ditujukan kepada Tuhan. Contoh komunkasi yang baik dengan Tuhan adalah rajin berdoa setelah bangun pagi dan suka membaca Alkitab. Yang kita perlukan untuk berkomunikasi dengan Tuhan adalah : tekad dan disiplin / komitmen. Komunikasi dengn Tuhan dimulai dari disiplin dalam membaca Alkitab. Dalam Alkitab dapat ditemukan kehendak Tuhan, kebaikan Tuhan, kebenaran tentang Tuhan, dan kasih Tuhan pada manusia.

Dalam kitab suci Kristen, ada dua perjanjian yang disebut Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Yang termasuk Kitab Injil adalah Matius. Jumlah keseluruhan Kitab PL dan PB adalah 66 kitab. Berdoa kepada Tuhan agar kita bisa memahami isi Alkitab, merenungkan ayat Alkitab yang kita baca (tujuan dan pesan Firman Tuhan untuk kita), dan mengaplikasikan dalam kehidupan kita; Semua ini adalah cara membaca Alkitab dengan benar. Doa adalah salah satu cara kita berkomunikasi dengan Tuhan. Orang Kristen harus rajin berdoa agar iman dan komunikasi dengan Tuhan tidak mati. Alkitab adalah firman Allah. Iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati. 

Dalam 2 Raja-raja 19:15, Hizkia berdoa di hadapan TUHAN dengan berkata: "Ya TUHAN, Allah Israel, yang bertakhta di atas kerubim! Hanya Engkau sendirilah Allah segala kerajaan di bumi; Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi"

Yang dimaksud dengan 2 Timotius 3:16 "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran" adalah: Alkitab.

Berikut adalah daftar nama Kitab Taurat dalam Perjanjian Lama: Kejadian Keluaran, Imamat, Bilangan dan Ulangan.

Berikut adalah daftar nama Kitab Puisi dalam Perjanjian Lama: Ayub Mazmur, Amsal, Pengkhotbah, Kidung Agung.

Berikut adalah daftar nama Kitab Sejarah dalam Perjanjian Lama: Yosua, Hakim-hakim, Rut, 1 dan 2 Samuel, 1 dan 2 Raja-Raja, 1 dan 2 Tawarikh, Ezra, Nehemia, Ester.

Berikut adalah daftar nama Kitab Nabi-Nabi Besar dalam Perjanjian Lama: Yesaya Yeremia, Ratapan, Yehezkiel, Daniel.

Berikut adalah daftar nama Kitab Nabi-Nabi Kecil dalam Perjanjian Lama: Hosea, Yoel, Amos, Obaja, Yunus, Mikha, Nahum, Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakharia, Maleakhi.

Matius, Markus, Lukas, Yohanes adalah saksi mata pelayanan Yesus di bumi. Keempat kitab mereka disebut: Kitab Injil. Ada satu kitab sejarah dalam Perjanjian Baru yang ditulis oleh tabib Lukas, kitab itu dalah: Kisah Para Rasul.

Rasul Paulus menulis 9 surat yang ditujukan kepada jemaat sesuai dengan nama kotanya, yaitu: Roma, 1 & 2 Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, 1 & 2 Tesalonika. Kitab Kitab Wahyu adalah kitab terakhir ditulis oleh Yohanes ketika ia berada di pulau Patmos yang menuliskan tentang kedatangan Yesus yang kedua kali.


Doa:

Sebelum melaksanakan kegiatan aku harus berdoa terlebih dahulu.

Yakobus 5:16 "Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh . Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya"

Empat jawaban pelajaran dari Yakobus 5:16. Doa orang benar dapat: Membangun secara rohani, Mendekatkan kita pada Allah, Membawa kesembuhan, dan Mengalahkan Iblis.

Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan Yudas 1:20 dalam Roh Kudus.

"Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka." Ibrani 7:25.

Perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. Efesus 6:12.

Doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa , maka dosanya itu akan diampuni.


Persekutuan: 

Makna persekutuan secara umum adalah wadah orang-orang yang saling berteman atau bersahabat. Persekutuan dalam Kristen adalah: Tempat orang-orang yang sama-sama memiliki keyakinan kepada Tuhan Yesus, yang berkumpul dengan penuh kasih. Persekutuan juga sering disebut dengan istilah koinonia. Alasan pentingnya persekutuan dalam kekristenan adalah: karena kehendak Allah sendiri, sarana pertumbuhan iman dan supaya dunia mengenal kasih Allah.

Dalam Perjanjian Baru, persekutuan kristiani disebut sebagai tubuh Kristus. Dalam sebuah persekutuan, memuliakan Tuhan adalah kewajiban semua makhluk ciptaan Tuhan.

Berikut merupakan contoh anak-anak yang memuliakan Tuhan: rajin beribadah, berdoa kepada Tuhan, menjaga ucapan dan tindakan, dan mengasihi sesama.

Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya! Mazmur 150:6. Mazmur 150 adalah mazmur terakhir dalam keseluruhan kitab Mazmur.

Kitab Kisah Para Rasul juga disebut sebagai "the act of the Holy Spirit" karena memang isinya adalah tentang peran dan kerja Roh Kudus dalam kehidupan dan pelayanan para rasul.


Melayani:

Melayani adalah melakukan suatu kegiatan untuk orang lain. Melayani yang benar adalah tanpa memandang yang kaya maupun miskin. Melayani sesama sama halnya dengan melayani Tuhan. Menolong orang yang kesusahan adalah kewajiban kita. Orang yang susah bila kita tolong maka mereka akan merasa senang. Ketika kita sedang susah membutuhkan penghibur dan penolong yang tulus. Menolong hendaknya tanpa mengharapkan imbalan. Talenta sama artinya dengan keahlian. Talenta yang benar digunakan untuk melayani Tuhan dan sesama. Perumpamaan orang yang mempunyai satu talenta berupaya untuk menguburkan. Orang yang memiliki lima talenta sangat di hargai tuannya. 

Bila kita menolong dengan tulus maka Tuhan akan membalas kebaikan kita. Menolong orang lemah merupakan tindakan yang sangat baik. Persekutuan orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat disebut Gereja. Gereja Tuhan lahir pada saat terjadinya peristiwa turunnya Roh Kudus. Gereja dipanggil dari orang-orang berdosa yang telah mendapatkan pengampunan di dalam Kristus, adalah sifat gereja yang kudus. Kita adalah garam dunia, salah satu fungsinya adalah menunjukkan adanya kemurnian, yang artinya mengasihi dan saling mengampuni. 

Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama(Kisah Para Rasul 4:32)

Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya! (Mazmur 150:6). Haleluya atau aleluya, berasal dari kata bahasa Ibrani: Halleluyah/Halləlûyāh yang memiliki arti "Pujilah Tuhan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates