Social Icons

Jumat, 28 Agustus 2015

Pemanfaatan Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEga_4SADajNKtRk8YPsSRsGIi6Urv0Tm6sW3bdgISrC_Ij5edjhGKKWUKDeqziFWdE19zqpkM4jWk5m-LxDufFyCuA3BnPKMOua6s37n4CO2S6EvkVhuSyhkRmi1hTZY_DYCRf8woZ-v0I/s1600/manfaat_sapi.gif
Pemanfaatan Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan

Manusia memanfaatkan bagian tubuh hewan adn tumbuhan untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk memperoleh keuntungan. Pemanfaatkan hewan dan tubuhan tanpa adanya pembudidayaan dan penanaman kembali akan mengakibatan punahnya hewan maupun tubuhan. Tahukah kalian, bagian tubuh hewan dan tumbuhan apa saja yang sering diburu manusia?

  • Tubuh Hewan
    • Harimau (dimanfaatkan kulitnya)
Harimau diburu untuk diambil kulit, tulang dan taringnya. Kulit harimau dijadikan hiasan, harga kulit ini sangat mahal. Sedangkan taring dan tulang harimau digunakan untuk pengobatan
    • Gajah (dimanfaatkan gadingnya)
 http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT8Hre4NB2wkQKcAkSLej_GpvBcz48Vc6sXslYlxtjSvVcQcQWN
    • Buaya (kulitnya diambil)
 http://mediaislamnet.com/wp-content/uploads/2011/03/Kulit-buaya-rawa-kepala7.jpg
    • Ular (dimanfaatkan kulitnya)
  http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRsAibqRPkUb8fTcuipnpfJEpiHSPr0hVKvGNuq1rWPTK69sg9s
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRBxylnh5vrxjS79YnxvxBaalKlgNJpYiJOnpQ6n-5--3233-Im
    • Rusa
 http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ5FlEpXCHT0O8umvc5Px7VK4VJcrYPHbj5VGGC9JrnV6e4jUYjAQ
Rusa memiliki dua tanduk pada kepalanya. Rusa jantan biasanya mempunyai tanduk yang bercabang. Setiap tanduk tersebut dapat bercabang dua atau tiga. Tinggi tanduk rusa dapat mencapai satu meter. Karena bercabang, tanduk rusa menjadi tampak indah. Tanduk rusa diburu manusia untuk dijadikan hiasan. Tanduk rusa juga dimanfaatkan untuk membuat kancing baju dan gagang pisau. Selain tanduk, masih ada bagian tubuh rusa yang diambil. Minyak rusa dihasilkan dari kelenjar perut rusa. Minyak ini digunakan untuk pembuatan obat dan parfum. Kulit rusa digunakan untuk membuat sepatu atau sarung tangan.
    • Badak (diambil culanya)
http://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2012/07/24/44/660486/MDkjbEds45.jpg 
 http://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2013/07/24/41/764969/byNPQYchja.jpg
Badak diburu untuk diambil culanya. Cula badak diyakini dapat digunakan untuk pengobatan beberapa jenis penyakit.
    •  Hiu
Hiu diburu untuk diambil daging, sirip, dan tulangnya. Sirip dan daging hiu dijadikan makanan. Tulang rawan hiu digunakan manusia untuk menyembuhkan penyakit tulang dan persendian. Minyak hati ikan hiu mengandung vitamin A. Minyak hati hiu diyakini dapat mencegah kanker. Minyak hiu juga digunakan untuk membuat kosmetik.
Cara pencegahan kepunahan hewan :
  1. Pembuatan cagar alam dan suaka margasatwa. Suaka Margasatwa adalah kawasan suaka alam yang mempunyai ciri khas berupa keanekaragaman dan atau keunikan jenis satwa yang untuk kelangsungan hidupnya dapat dilakukan pembinaan terhadap habitatnya.
  2. Pembuatan undang-undang perburuan. Undang-undang ini mengatur tentang larangan perburuan. Tujuannya adalah untuk melindungi berbagai jenis hewan dari kepunahan.
  3. Mengganti bahan-bahan asli (gading, kulit ular, kulit harimau, dll)  dengan bahan tiruan atau bahan sintetis. 
 
  • Tumbuh-tumbuhan
Manusia juga memanfaatkan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Benda-benda apa saja yang terbuat dari tumbuhan?
    • Kayu Jati
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgs89PYnl2JtKg-1XgnMkOsX9bxMKrk5tK_Ne1y1dDFMFkjn0nAuxTWYUpZ4W0lRsbZTeZ0DQ8rOSaT1u2qbYBFcVynapkAIznRE-LXNZFwoefJBkLW26zQl1X_ekjKt3dY51DKVyppW7Q/s1600/Slide1.PNG 
Kayu jati banyak dimanfaatkan manusia untuk membuat peralatan rumah tangga karena sifatnya yang kuat dan tidak mudah patah. Pengambilan pohon jati secara besar-besaran di hutan banyak dilakukan oleh para pengusaha.
    • Kayu cendana
Kayu cendana juga banyak diincar oleh para pengusaha karena harganya mahal. Kayu cendana juga digunakan untuk wewangian. Pengambilan kayu jati dan cendana secara besar-besaran dapat mengancam keberadaan kedua tumbuhan tersebut.
    • Rafflesia arnoldii

Rafflesia arnoldii dipercaya berkhasiat sebagai tanaman obat. Bunga berukuran raksasa tetapi mudah rapuh. Kuncup dan bunga ini dapat digunakan sebagai bahan obat. Rafflesia arnoldii tumbuh di hutan. Budidaya tumbuhan ini hampir tidak mungkin, menjaga hutan adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkannya.
    • Kayu Ulin

Pohon ulin memiliki pohon yang besar. Kayunya sangat kuat. Karena kuatnya, kayu ulin disebut kayu besi. Kayu ulin dimanfaatkan untuk membuat atap rumah dan kusen. selain itu, kayu ulin juga dipakai untuk membuat jembatan.
    • Kayu Hitam
http://maslatip.com/wp-content/uploads/2014/08/eboni.png
Kayu hitam atau sering disebut kayu eboni banyak dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Ketinggian pohon kayu hitam dapat mencapai 40 meter. Selain sebagai bahan bangunan, kayu hitam dimanfaatkan untuk tiang jembatan dan peralatan rumah tangga.

    • Pohon Gaharu
Gaharu banyak diburu karena aromanya. Gaharu digunakan sebagai bahan wewangian yang mahal. Namun, jika pengambilan pohon di hutan tidak dikendalikan mulai dari sekarang, keseimbangan lingkungan dapat terganggu. Penebangan liar mengakibatkan hutan gundul dan punahnya beberapa jenis tumbuhan dan hewan. Beberapa cara yang dilakukan untuk menjaga keseimbangan lingkungan adalah dengan tebang pilih dan reboisasi.


IPA G6

1 komentar:

 
Blogger Templates