Social Icons

Jumat, 04 September 2015

Pelestarian Hewan dan Tumbuhan

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8PDySa-bRVACIdA_Ib-pTQMEhdF4EudgQwl74URQRJbbiPW05RFcAW8yc7ORLWQVAw350URQQPUgNnJVg9R9Sxjhvw_4cjV8ErbfbyAhs4Dk_NxRdd9Zf96RswaQtklWfY-dLG_IMgNw/s320/gambar-hewan-dan-tumbuhan-langka.png
Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akansumber daya alam hayati. Sekitar 30 persen jenishewan dan tumbuhan yang ada di muka bumi beradadi Indonesia. Sampai saat ini, para ilmuwan masih terusmencari jenis-hewan dan tumbuhan baru yang ada diIndonesia.Seiring dengan ditemukannya jenis-jenis baru,ternyata ratusan bahkan ribuan jenis makhluk hidupterancam punah dan mengalami kepunahan. Makhluk hidup yang terancam punah keberadaannya sudahsangat sedikit serta memiliki tingkat perkem- bangbiakan yang lambat. Selain diakibatkan manusia, hewan dan tumbuhanterancam punah karena faktor alam. Misalnya,karena tidak mampu menyesuaikan diri dengankeadaan lingkungan. Terjadinya bencana alam, dapatmenyebabkan hewan dan tumbuhan mengalamikepunahan.


Hewan yang Terancam Punah
Indonesia memiliki banyak jenis hewan yang hanya adadi Indonesia. Contohnya, orangutan, komodo, dan anoa.Kini hewan tersebut terancam punah. Dapatkah kamumenyebutkan contoh hewan lainnya? Ancaman kepunahan hewan tersebut sangat mem-prihatinkan. Jika satu jenis hewan punah, tidak akanada jenis hewan lain yang dapat menggantikannya.Berikut ini contoh beberapa hewan yang dilindungi dan terancam punah.

 1. Orangutan
Adakah yang pernah melihat orangutan? Orang-utan hidup di hutan-hutan yang terdapat diPulau Sumatra dan Kalimantan.Keberadaannya mulai terancam akibat ak-tivitas manusia. Aktivitas seperti apakah yang me-ngancam keberadaan orangutan? Orangutan ba-nyak diburu dan dirusak tempat hidupnya.
2. Komodo
Komodo adalah kadal terbesar di dunia. Komodo hanya hidup di Kepulauan Floresterutama hidup di Pulau Komodo. Komodo mem- butuhkan 5 tahun untuk tumbuh sampai ukuran2 meter. Komodo dapat hidup sampai 30 tahun.Komodo dewasa dapat menyerang manusia.
3. Anoa
Anoa merupakan binatang khas dari Pulau Sulawesi. Hewan tersebut hanya hidup di PulauSulawesi. Jumlah hewan itu terus berkurang karenatempat hidupnya terus dirusak.
4. Harimau Sumatra
Harimau Sumatra merupakan jenisharimau terakhir yang masih hidup di Indonesia.Harimau Sumatra terus diburu karena meningkatnyapermintaan bagian tubuhnya. Kulit harimau banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti tas,sepatu, ataupun bahan pakaian. Harimau Sumatra akan punah jika terus diburu.
5. Badak Jawa
Badak Jawa terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon,Banten. Hewan tersebut terancampunah. Badak Jawa disebut juga badak bercula satu.
 6. Kura-kura Berleher Ular
Meskipun jenis kura-kura itu baru ditemukan, tetapihewan tersebut sudah terancam punah.Hewan itu hanya terdapat di Pulau Roti, Indonesia.Hewan itu banyak diburu untuk dijual ke luar negeri.
7. Penyu Hijau
Gambar diatas menunjukkan penyu hijau. Jumlahnyasemakin berkurang dan terancam punah. Penyebabnyaadalah pantai-pantai rusak dan perburuan liar. Hewanitu dapat ditemukan di Pantai Pangumbahan danSuaka Margasatwa Cikepuh, Sukabumi, Jawa Barat.
 8. Ikan Pari Hiu
Ikan pari hiu ditemukan di Lautan Indonesia Timur. Hewan itu ditangkap untuk memenuhipermintaan rumah makan. Jumlahnya sekarangsemakin berkurang.
10. Burung Cendrawasih
Burung cendrawasih terancam punahkarena terus diburu. Burung itu diburu karena memiliki bulu yang indah. Padahal burung itu hanya ditemukan di Papua.
 11. Burung Jalak Bali
Jalak Bali memiliki penampilan yang indah dan elok. Karena keindahannya, banyak orang yang menginginkannya untuk dijadikan koleksi. Jum-lahnya semakin berkurang. Sesuai dengan namanya, burung ini hanya ditemukan di Pulau Bali.
12. Burung Caerulean paradise.
Burung itu sekarang jumlahnya tidak lebih dari 100 ekor. Kerusakan tempat hidupnya diSangihe, Sulawesi, menjadi penyebab burung ini terancam punah.
13. Burung Kakatua Jambul Kuning
Burung itu banyak diperdagangkan di Jawa, Bali, bahkan di Singapura. Jumlahnya semakin hari semakin berkurang. Burung itu memiliki jambul yang khassehingga banyak dicari.
 14. Burung Maleo
Maleo hanya ditemukan di hutan Sulawesi. Telur burung itu lima kali lebih besar daripadatelur ayam. Burung itu terancam punah karena berbagaifaktor. Hutan yang rusak dan tingkat kematian anak  burung yang tinggi mengancam keberadaan burung ini.

Tumbuhan yang Terancam Punah
Sebelumnya kamu telah mempelajari mengenai hewan yang terancam punah. Bagaimana dengan tumbuhan?Dapatkah kamu menyebutkan tumbuhan apa saja yangterancam punah?Perhatikan barang-barang di rumahmu, adakah yang terbuat dari kayu? Perabotan rumah tangga, seperti meja, kursi, danlemari banyak yang terbuat dari jati .Jati banyak digunakan karena sifatnya yang kuat danawet. Selain jati, terdapat beberapa tumbuhan lain yang terancam punah.
1. Amorphophallus titanum
Amorphophallus titanum merupakantumbuhan dengan bunga terbesar di dunia. Bunganyamengeluarkan bau seperti bangkai sehingga dinamakan bunga bangkai. Bunga itu termasuk bunga langka dandilindungi oleh pemerintah. Tempat hidupnya secaraalami di Sumatra.
2. Raflesia arnoldii
Bunga itu juga mengeluarkan bau seperti bangkai dan berukuran besar. Bunga merupakan satu-satunyaorgan tumbuhan yang dapat dilihat. Kuncup bungaitu dapat dijadikan obat sehingga sering dijarah.Keberadaan bunga itu mulai berkurang. Apalagi teknik  budi daya yang tepat untuk menjaga kelestariannya belum ditemukan.
3. Kantong Semar
Apakah ada yang pernah melihat kantong semar?Tumbuhan kantong semar jarang ditemukan. Tumbuhan itu tumbuh di daerah yang kekurangan unsur nitrogen. Hutan di TangkubanPerahu, Jawa Barat, merupakan salah satu tempat hidupkantong semar.
4. Cendana
Tumbuhan cendana banyak ditemukandi Nusa Tenggara Timur. Tumbuhan digunakan sebagairempah-rempah dan sebagai pengharum. Keberadaan-nya kini langka dan harganya mahal.
5. Aquilaria sp.
Aquilaria sp. merupakan tumbuhanpenghasil kayu gaharu. Gaharu memiliki kandungankadar damar yang wangi sehingga dijuluki ''emas beraroma dari hutan''. Tempat hidupnya di hutanpedalaman Kalimantan. Harga jual tumbuhan itumahal sehingga banyak diburu orang. Keberadaannyasekarang mengkhawatirkan, nyaris punah.
6. Meranti
Meranti merupakan salahsatu jenis tumbuhan yang sulit dicari di pasaran. Perkem- bangbiakan tumbuhan jenis itu sangat lama. Oleh karenaitu, tumbuhan ini terancam punah.Namun, sekarang banyak ahli yang mencoba berbagaiteknik pengadaan bibit. Salah satu teknik yang berhasildigunakan adalah sistem pendingin kabut. Pertumbuhan bibit asal setek lebih baik daripada pertumbuhan bibit yangterjadi secara alami.Pengembangan jenis tumbuhan tersebut mengun-tungkan dari segi ekonomi. Apalagi dari segi lingkungan.Tumbuhan tersebut dapat menyerap unsur karbon dihutan. Tidak heran jika meranti sangat cocok untuk dikembangkan menjadi produk hutan tanaman industri.

IPA G6, Minggu pertama 2015
Semester pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates