Social Icons

Jumat, 04 September 2015

Aktivitas Manusia yang Memengaruhi Keseimbangan Lingkungan

Dalam menjalankan kehidupannya, manusia mem- butuhkan tiga hal pokok. Kebutuhan pokok tersebut ialah sandang, pangan, dan papan. Semua kebutuhanmanusia tersebut tersedia di alam ini. Tuhan mem-perbolehkan kamu untuk mengolah alam ini dengansebaik-baiknya. Manusia dengan ilmu yang dimi-likinya, mengembangkan berbagai teknologi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akan tetapi, karena sifat dasar manusia yang tidak pernah puas, banyak manusia yang mengolah alam dengan teknologi yangdibuatnya, secara tidak terkendali. Manusia seringtidak memikirkan dampak terhadap keseimbanganlingkungan dan apa yang terjadi di masa depan.Berikut ini adalah beberapa aktivitas manusia yangdapat mengubah keseimbangan lingkungan.


1. Penebangan dan Perburuan Liar
Apakah di lingkungan sekitarmu ada hutan? Bagai-mana keadaannya? Hutan merupakan paru-paru bumi. Hutan merupakan tempat resapan sertacadangan air tanah bagi kehidupan makhluk hidup di bumi. Selain itu, hutan merupakan tempat tinggal dantempat berlindung sebagian besar makhluk hidup.Jika pohon-pohon di hutan ditebang untuk industridan pembukaan lahan pertanian secara liar dan ber-lebihan, akan berpengaruh terhadap kehidupan yangada sebelumnya. Akibatnya, daerah resapan air berkurang, dan suplai oksigen berkurang merupakan akibat penebangan pohon. Selainitu, hewan yang ada di dalam hutan akan kehilangantempat tinggal dan sumber makanan. Apalagi denganperburuan liar terhadap hewan-hewan, akan semakinmerusak lingkungan.


2. Kegiatan Pembangunan
Pembangunan jalan yang melewati hutan dapat merusak lingkungan. Pohon-pohon yang menjadi tempattinggal dan sumber makanan hewan ditebang sehinggahewan tersebut terancam keberadaannya. Aktivitas pembangunan yang berlebihan sangat mengganggu keseimbangan lingkungan. Daerah-daerah di sekitarperbukitan dapat terkena bencana, seperti banjir dantanah longsor. Pengeboran minyak dan penambangan mineral secara terbuka pun akan menimbulkan kerusakan lingkungan. Pengeboran minyak dan penambangan terbuka dapat mengurangi sumber daya alam dan men-cemari daerah sekitarnya. Akibat kegiatan tersebutcukup sulit untuk ditanggulangi dan menyebabkansuatu daerah menjadi tidak produktif.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtK3R1hsNQZxBs2p_xHfut3ulfzG-j6aSpBA49JdtS4XSw2nhG-eNGNrHlhqWTB4v04dj128sromgZoyFCw5QDTUI7tYL3ssy-_kyVEfXCo6Tm5GG2vuP5rdsnXAtNQoIhpFgQR4YTz3g/s1600/7-3-2014+12-04-27+AM.png
3. Pembuangan Limbah dan Sampah
Sebagian besar aktivitas yang dilakukanmanusia pasti menghasilkan sampahatau limbah. Mulai dari limbah rumahtangga, pertanian, transportasi, sampailimbah industri. Adakah yang tahu, contoh limbahrumah tangga, pertanian, transportasi,dan limbah industri? Plastik yang di-gunakan sebagai pembungkus merupakancontoh limbah rumah tangga. Pestisida jika digunakan berlebihan dapat menjadi limbah pertanian. Asap kendaraan merupakanlimbah transportasi. Adapun contoh limbah industri berupa limbah cair dan asap.
http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650x325/2013/07/awas-bahaya-asap-kendaraan-bermotor-bagi-ibu-hamil.jpg
Sampah dan limbah tersebut ada yang mudah di-uraikan dan ada pula yang sulit diuraikan. Jika pengo-lahan sampah tidak dilakukan dengan benar, yangterjadi adalah kerusakan lingkungan. Apakah kamu pernah melihat sungai yang kotordan bau? Hal itu merupakan hasil pembuangansampah dan limbah ke sungai. Akibatnya adalah kerusakan lingkungan sungai dan akan membunuhmakhluk hidup yang ada di sungai. Perhatikan gambar di bawah yang memperlihatkan ikan yang mati akibat sungai yangditempatinya tercemar.
http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/Ilustrasi-ikan-mati-di-pantai.jpg

IPA G6, Minggu pertama September 2015
Semester 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates