Social Icons

Jumat, 04 September 2015

Pemanfaatan Benda Penghantar dan Isolator Panas


Konduktor dan isolator panas dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan atau pada peralatan sehari-hari. Apa sajakah itu? Mari kita bahas.

Peralatan Memasak
Manusia memakai bahan konduktor dalam peralatan memasak dengan tujuan untuk memindahkan panas dengan cepat. Alat-alat memasak seperti panci, penggorengan, dan cerek terbuat dari alumunium, baja, atau teflon. Benda-benda konuktor tersebut dapat menghantarkan panas dengan cepat.
http://maslatip.com/wp-content/uploads/2014/09/gambar-konduktor-dan-isolator.png
Peralatan memasak juga menggunakan bahan isolator panas. Gagang panci, gagang teflon juga dibuat dari bahan isolator seperti kayu, plasik dan bahan isolator panas lainnya.

Peralatan rumah tangga
Seperti pada pembahasan sebelumnya, kita telah tahu bahwa setrika listrik merupakan salah satu benda yang memanfaatkan sifat logam besi. Karena logam besi dapat menghantarkan panas sehingga setrika listrik dapat dimanfaatkan untuk merapikan pakaian
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiperbIYlbw7x_-VL_BWycDU5v5qPA1TNSKlU0ra-yNQLdSrR2qmyxFpBTLR4_hey6Npx-RUddQw2ecisxFl9rOu2sbNCpuJNHdtOO4WdrnGkByiS-0buuLeR2oXF508wDWvHvUjXZBGzU/s1600/thermos.png
Benda yang memanfaatkan sifat isolator panas adalah termos. Termos digunakan untuk menyimpan air panas agar tahan lama karena susunan badan termos bagian dalam terdiri atas 2 lapisan kaca dan antara dualapisan tersebut terdapat ruang vakum sehingga panasdari air dipantulkan kembali. Pada bagian penutup termos biasanya terbuat dari gabus atau plastik yang bersifat tidak dapat menghantarkan panas.

Pakaian
Sifat isolator juga kita manfaatkan untuk menahan suhu. Misalnya memakai jaket tebal saat cuaca dingin agar tubuh tetap terasa hangat.

Otomotif
Mobil dan sepeda motor juga memakai bahan yang bersifat konduktor dan isolator. Pada bagian-bagian tertentu harus menghantarkan panas dengan cepat, dan pada bagian lain menggunakan isolator misalnya pada saluran pembuangan. Bagian mesin yang panas dilapisi bahan yang bersifat isolator untuk menghambat pada mesin lainnya atau pada pengendaranya.

Tabel Penggunaan Alat Dapur dan Alat Rumah Tangga dengan Memanfaatkan Sifat Konduktor dan Sifat Isolator Panas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWU4f1YBOgDxN63epsjm90kPxvKy0FLA_xRCcchdY2g3wD5lCIeWMEHwDdECDJ9cWTFDCGa6j8Sr1YW6DuEuiw_viCTv456lEp3oc0MBtJu9Y8cgbB5eF60m1oKV2ewi27s7Pg-_ik4UxB/s1600/soder-biasa.jpg
Solder (alat untuk menyambungkan peralatan elektronik)

Perlatan Listrik
Kabel-kabel, solder, lem tembak, dan perlatan lainnya juga memanfaatkan konuktor dan isolator panas.


IPA G6, Minggu kedua September 2015.
Semester pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates