Social Icons

Jumat, 04 September 2015

Predaran Darah

Organ peredaran darah manusia terdiri atas: jantung dan pembuluh darah. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jantung dan pembuluh-pembuluh darah membentuk sistem peredaran darah.

Jantung terbagi dalam rongga dada sebelah kiri. Berat janjung orang dewasa lebih kurang 300 gram. Jantung terbagi dalam empat ruang: Ruang jantung bagian atas (serambi / atrium - serambi kanan dan kiri), dan ruang jantung bagian bawah (bilik / ventikel - silik kanan dan kiri).

Cara kerja jantung
Kontraksi dan relaksasi pada jantung mengakibatkan terjadinya denyut jantungatau denyut nadi. Ketika jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi, pembuluhtersebut ikut berdenyut. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui denyut jantung melalui denyut nadi. Denyut nadi dapat terasa dengan jelas ketika kamu menekanpembuluh nadi pada pergelangan tangan. Denyut tersebut juga terasa apabila bagianleher di bawah telinga ditekan.Kecepatan denyut jantung tergantung kegiatan yang dilakukan. Ketika sedangberistirahat, jantung berdenyut kira-kira 60 sampai 80 kali setiap menit. Semakin aktiftubuh kita, denyut jantung juga semakin cepat.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSJzWbqUeIw2XCf1FhWm-d7Z_530E6kDivReP-v0m4shrP22sXZ-G-hnLe1tpY3Mzta3A_KkHprf2qDw3nQeNiyo2CuGZYlp4bQy-TQodlZ2FdKADUKEoD4-KlWkBkSvRjRYNL3TY4Yrg/s320/7393a3e4e6d811e1a4d022000a1d0cc7_6.jpg

Pembuluh darah
  1. Pembuluh nadi (arteri)
    • Arteri ialah merupakan suatu pembuluh yang mengalirkan suatu darah keluar jantung.
    • Pembuluh nadi (arteri) ialah merupakan suatu pembuluh yang membawa darah tersebut keluar jantung
    • Letak arteri tersebut agak ke dalam dan juga permukaan tubuh.
    • Apabila arteri terluka, maka darah akan memancar keluar.
  2. Pembuluh balik (vena)
    • Vena ialah merupakan  suatu pembuluh yang mengalirkan darah menuju masuk ke dalam jantung tersebut.
    • Vena tersebut memiliki suatu lapisan elastis yang lebih tipis serta juga arteri, sehingga tidak sekuat dan juga tidak selentur arteri.
    • Pembuluh tersebut terletak di dekat permukaan kulit, yang tampak bewarna kebirubiruan, dan denyutnya yang tidak terasa, jika terluka, darah tersebut tidak memancar keluar, serta juga mempunyai katup sepanjang pembuluh.
    • Katup tersebut berguna agar aliran darah tersebut berlangsung satu arah serta juga untuk menjaga agar darah tersebut tetap mengalir dikarenakan tidak adanya suatu pompa pada aliran darah di vena tersebut.
    • Pembuluh balik tersebut terdiri atas pembuluh balik besar dan juga pembuluh balik paru paru.
  3. Pembuluh Kapiler
    • Arteri terkecil (arteriole) dan juga vena terkecil (venule) yang dihubungkan oleh pembuluh kapiler.
    • Kapiler tersebut sangat halus berdinding tipis dikarenakan hanya terdiri atas selapis sel saja, dan juga berukuran sangat kecil ialah sekitar 7,5 mikron.
    • Kapiler inilah yang akan berhubungan langsung dengan sel-sel tubuh.
 
Darah 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzFtxyTOaKFR3jE9YfdazUvuY1dRsQGoRM-lOzRUtqcOCtjTTIOJEIrsNZZqU5CKa9UZT1AruUfJ9_L22ifXeKC94jw1-bl_lcpKNCUNV0Nf-k0T__wTEG-IdRqDT8evmGeafWDLp4l5o/s1600/jantung.jpg
Peredaran darah


Perhatikan peredaran darah pada video animasi di bawah ini:



IPA G5, Minggu pertama Septermber 2015.

1 komentar:

 
Blogger Templates