Social Icons

Kamis, 28 Juli 2016

Ovovivipar, Ovipar dan Vivipar

 1. Hewan Ovovivipar
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c2/Eutrop_rudi_090818-11642_tsa.jpg Ovovivipar adalah kelompok hewan yang dapat berkembangbiak dengan cara bertelur dan melahirkan. Contoh hewan ovovivipar adalah ular boa dan kadal. Sebenarnya sel telur yang sudah dibuahi tumbuh menjadi telur. Kemudian telur tersebut tetap berada di dalam tubuh betina hingga telur tadi menetas di dalam tubuh betina. Setelah menetas, individu ini akan kaluar dari dari tubuh induknya. Ciri-ciri hewan ovovivipar salah satunya adalah bangsa reptil, atau hiu yang dapat bertelur sekaligus melahirkan di dalam tubuh induk betina.


2. Hewan Ovipar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaKyhWbvwXASTsQK71h2umlpfHggVrHswnboqE_Xom9iDzwa6787TSSh-1CYnek66mK635vwLzCaohoHxrNzsKvWmfhGnddRp_0lXRjMXXNd8LI4mbVCojGJlA3lNLRqe7SE85tLSp4GNV/s1600/Ovipar.jpgOvipar adalah kelompok hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur. Contoh hewan ovipar adalah dari kelompok burung dan amphipi yakni, ayam, entok, bebek, burung emprit, burung kutilang, burung beo, burung kakak tua, burung jalak, dan segala jenis katak.
Ciri-ciri hewan ovipar adalah berasal dari bangsa burung dan amphibi, sel telur dibuahi di dalam induknya kecuali amphibi. Serangga pada umumnya adalah hewan ovipar, namun ada satu serangga yang dapat melahirkan anaknya, hewan tersebut adalah kutu daun.

3. Hewan Vivipar
Vivipar adalah kelompok hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Hewan vivipar contohnya adalah sebagian besar jenis mamalia seperti harimau, kambing, sapi, kelinci, kerbau, kucing, marmut, hamster, kelelawar, dan sebagainya. Ciri-ciri hewan vivipar adalah berasal dari bangsa mamalia, sel telur tumbuh menjadi embrio dan menjadi hewan kecil atau bayi, dan waktu masih kecil, anak hewan tersebut disusui induknya. Ada mamalia yang bertelur atau vivipar. Hewan itu ialah 'Platipus'. Selain platypus ada juga echidna / ekidna.

https://kelinci.files.wordpress.com/2009/12/baby-rabbits-suckling.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates